Senin, 24 Maret 2014

EPIDEMIOLOGI - Faktor Determinan terkait Herpes Zoster


Faktor Determinan/ Faktor yang mempengaruhi masalah kesehatan

Penurunan imunitas pada tubuh menyebabkan virus pada permukaan kulit dapat berkembang dan menjadi penyakit herpes. Herpes adalah penyakit menular yang dapat melalui kontak langsung dengan penderita atau pun bersentuhan pada bagian yang terinfeksi. Jika anda sedang mengalami sakit herpes ini sebaiknya anda berhati-hati dalam menjaga agar bintik air ini tidak pecah sehingga tidak menjalar ke area yang lebih luas. Pada sebagian kasus herpes dapat kempes dengan sendirinya karena sistem imun dari dalam tubuh kita yang bereaksi terhadap penyakit ini.
Penyebab herpes biasanya karena sistem imun sedang lemah, atau kebersihan badan yang kurang terjaga. Gejala herpes umumnya suhu badan menngkat disertai demam, cepat lelah, dan gampang pusing. Pada saat ini sistem imun pada tubuh akan menurun dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan infeksi pada permukaan kulit. Setelah virus berkembang sempurna pada tahap selanjutnya akan terdapat bintik-bintik berair yang sangat gatal dan mengganggu.
Bila anda menggaruknya dan bintik pecah akan menimbulkan iritasi pada kulit dan akan lebih menyebar ke area kulit yang lebih luas. Herpes zoster ini menyerang pada permukaan kulit terbuka, seperti seluruh bagian tubuh, misal punggung, dan dada. Penularannya bisa melalui kontak langsung dan bersentuhan dengan penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar