Selasa, 25 Maret 2014

EPIDEMIOLOGI - Fenomena Endemik


Ø  Fenomena Endemik
Endemik adalah suatu keadaan dimana penyakit secara menetap berada dalam masyarakat pada suatu tempat / populasi tertentu.
Demam berdarah disebabkan karena virus yang masuk ke alirah darah melalui vektor, antara lain gigitan nyamuk Aedes aegypty. Orang yang terkena demam berdarah menunjukkan gejala demam tinggi, pusing dan bercak merah. Sejauh ini belum ada obat yang spesifik melawan penyakit ini. Pasien biasanya hanya diberi cairan tubuh untuk menghindari dehidrasi akibat demam dan muntah. Sementara untuk obat biasanya hanya untuk menghilangkan nyeri dan meredakan demam.
Sebuah Harian Satelit Post, Pemalang, menyatakan bahwa terdapat tiga wilayah di Kecamatan Pemalang sebagai wilayah endemik atau sering kedapatan kasus Demam Berdarah yaitu Kebondalem, Mulyoharjo, dan Sugihwaras, Rabu (5/2) kemarin dan Kamis (6/2) hari ini di-fogging.
Fogging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa aidesaegipty yang dilakukan ini adalah kegiatan penanganan setelah banjir yang menimpa beberapa daerah di Pemalang. Sedianya, kegiatan ini akan dilakukan di 10 titik di pedesaan yang tertimpa musibah banjir di Kabupaten Pemalang.
Di samping itu, Chikungunya merupakan jenis demam yang disebabkan oleh alphavirus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti (nyamuk yang juga dapat menularkan penyakit demam berdarah dengue). Penyakit chikungunya disebabkan oleh sejenis virus yang disebut virus chikungunya.
Penyakit yang juga dikenal dengan demam tulang atau flu tulang ini memiliki gejala yang sepertii tubuh yang tiba – tiba mengalami demam diikuti dengan linu di persendian, serta timbul juga rasa ngilu dan sakit pada tulang. Gejala yang dialami sedikit mirip dengan infeksi virus dengue dengan sedikit berbeda pada hal – hal tertentu.
Pada anak kecil dimulai dengan demam mendadak, kulit kemerahan. Ruam – ruam merah muncul setelah 3 – 5 hari. Mata pun terlihat merah dan disertai tanda – tanda seperti flu. Sering dijumpai anak kejang demam. Sedangkan pada anak yang lebih besar, demam diikuti dengan rasa sakit pada otot dan sendi, serta pembesaran kelenjar getah bening. Pada umumnya demam yang terjadi pada anak berlangsung selama tiga hari. Dan pada orang dewasa, gejala nyeri sendi dan otot sangat dominan dan sampai menimbulkan kelumpuhan sementara karena rasa sakit bila berjalan. Kadang-kadang timbul rasa mual sampai muntah.
Belum obat khusus untuk menyembuhkan penyakit chikungunya. Walaupun sama - sama disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, penyakit chikungunya ini berbeda dengan penyakit demam berdarah dengue karena pada penyakit chikungunya tidak terjadi pendarahan hebat dan tidak bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini cukup diobati dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi obat demam bila perlu karena sudah merasa tidak nyaman, serta antisipasi terhadap kejang demam bila terdapat riwayat kejang pada keluarga. Penyakit chikungunya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu kurang lebih 7 hari sejak merasakan gejala nyeri dan ngilu tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar