Selasa, 25 Maret 2014

EPIDEMIOLOGI -Fenomena Pandemi


Ø  Fenomena Pandemi
Pandemi ialah epidemik yang terjadi dalam daerah yang sangat luas dan mencakup populasi yang banyak di berbagai daerah / negara di dunia.
Berita yang terkait, Flu burung adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti burung dan mamalia.
Senin, 12 Agustus 2013, terdengar berita mengejutkan dari London Inggris yang menyebutkan bahwa penyakit berbahaya ini dapat menular melaui manusia.
Para peneliti melaporkan kasus pertama penularan flu burung H7N9 dari manusia ke manusia. Laporan itu ditulis dalam Jurnal Kesehatan Inggris, Selasa (6/8), karena didapati kasus seorang perempuan berusia 32 tahun di Tiongkok terinfeksi flu burung setelah merawat ayahnya yang berusia 60 tahun.
Selama ini tidak ada bukti seseorang terkena virus H7N9 selain akibat kontak langsung dengan unggas. Sebagian besar pasien diketahui telah mengunjungi pasar unggas hidup atau melakukan kontak langsung dengan unggas hidup dalam satu atau dua minggu sebelum menjadi sakit.  
Kasus yang dialami ayah dan anak itu memberikan tanda peringatan kuat pada potensi penyebaran pandemi dan perlunya untuk tetap waspada.  
Selain itu, sekarang diduga sebagai penyebab wabah campak atau cacar, Wabah Antoninus adalah pandemi yang melanda Kekaisaran Romawi 165-180 AD. Juga dikenal sebagai Wabah Galen, penyakit ini diduga telah dibawa ke Roma oleh pasukan yang kembali dari pertempuran. Diperkirakan bahwa pada puncaknya Wabah Antoninus membunuh seperempat dari semua orang yang terinfeksi, sebanyak 5 juta, dan korban termasuk dua kaisar Roma. Pada 251 AD, sakit serupa terjadi, banyak orang percaya bahwa Wabah Antoninus telah kembali. Kali ini dikenal sebagai Wabah Siprianus, dan pada puncaknya dikatakan bahwa penyakit ini membunuh 5.000 orang setiap hari di kota Roma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar