Selasa, 25 Maret 2014

EPIDEMIOLOGI - Fenomena Sporadik


Ø  Fenomena Sporadik
Sporadik adalah  adalah suatu keadaan dimana suatu masalah kesehatan ( umumnya penyakit)  yang ada di suatu wilayah tertentu frekuensinya berubah-ubah menurut perubahan waktu.

77 kasus baru polio ditemukan di Nigeria

Minggu, 9 September 2012 07:49 WIB
"Hanya Nigeria, Pakistan dan Afghanistan saat ini menghadapi penyakit tersebut."
Sokoto, Nigeria (ANTARA/Xinhua-OANA) - Sedikit-dikitnya 77 kasus baru poliomyelitis telah dicatat di 10 negara bagian di Nigeria utara, kata seorang pejabat senior pemerintah, Sabtu (8/9).

Direktur Pelaksana Lembaga Pembangunan Perawatan Kesehatan Primer Nasional (NPHCDA), Ado Mohammed, mengungkapkan itu di Negara Bagian Sokoto, Nigeria utara, dalam pertemuan penanggulangan polio bersama 35 emir di wilayah tersebut.
Semua kasus mengenai virus ganas (wild polio) --polio yang disebabkan secara alamiah, bukan karena vaksin yang berisi virus hidup-- prevalensi di 209 wilayah di 30 pemerintah lokal, kata Mohammed kepada peserta pertemuan.
Menurut dia, Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan, terikat komitmen penuh pada pemberantasan total penyakit tersebut dari negara Afrika Barat itu paling lambat pada akhir tahun ini.
Ia mengatakan, Presiden Nigeria tersebut telah membentuk satuan tugas khusus presidensial mengenai pemberantasan polio dan ia memiliki tekad serta i`tikad politik mengenai itu.
Mohammed mengatakan, kepada peserta pertemuan pemimpin Nigeria tersebut juga telah melipat-gandakan dana dalam negeri bagi upaya yang dilancarkan guna menghentikan sepenuhnya penyebaran penyakit itu.
"Hanya Nigeria, Pakistan dan Afghanistan saat ini menghadapi penyakit tersebut di dunia dan ini adalah sumber keprihatinan bagi semua pemegang saham," ujarnya sebagaimana dilaporkan Xinhua yang dipantau ANTARA News di Jakarta, Ahad pagi.
"Kami ingin memastikan semua masyarakat yang terpengaruh secara layak dapat dijangkau sehingga semua anak dapat memperoleh kekebalan terhadap polio dan penyakit lain yang biasa menyerang anak-anak," kata Mohammed.
Polio adalah penyakit sangat menular yang disebabkan oleh virus yang memasuki tubuh melalui mulut dan berkembang-biak di dalam usus.


DAFTAR PUSTAKA

Friedman, Garry D. Prinsip-prinsip Epidemiologi, terj. J. Andri Hartono, Yogyakarta : Penerbit Buku-buku Ilmiah Kedokteran, 1986.
Kasjono, HS. Intisari Epidemiologi. Yogyakarta : Mitra Cendikia, 2009.
Nasry Noor, Nur. Epidemiologi. Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
 “Herpes zoster.” http://id.wikipedia.org/wiki/Herpes_zoster (diakses tanggal 14 Maret 2014).
Firman. Makalah herpes zoster.” firmanpharos.files.wordpress.com/2010/05/makalah
herpes-zoster.doc (diakses tanggal 14 Maret 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar